Yamaha Byson

surya.abidin

Selaput
Joined
19/7/12
Messages
389
Karma
0
From
Garut
Yoi Mas Bero!! Idup djalan tu safty riding harus selalu nomer wahid biar kita selamet sma org laen jga selamet..
Bru ngalamin kmrn ane Mas Bero jdi korban kelalaian org.. :'(
 

ò_ó

Graduate
Joined
16/7/12
Messages
2.020
Karma
0
Meningkatkan Putaran Bawah Yamaha Byson?

jawaban :
MotoBike - Secara penampilan, tak ada yang meragukan Yamaha Byson sangat kekar, macho banget deh. Tapi kalau bicara performa, “Smooth banget di putaran bawah hingga menengah,” terang Dwi Hadistian, pemakai Byson yang tergabung dalam klub Byonic. Intinya performa kurang mendukung kegarangan tampangnya deh.

Makanya banyak pemilik yang melakukan upgrade performa. Nah kalau mau ikutan ngencengin tunggangan 150 cc ini, tapi dana terbatas tak perlu khawatir. Ada jurus Juphe (Jurus Upgrade Performa Hemat) dari Romi Rozet, pemilik bengkel bernama Std 4 Speed.
b2.jpg


“Kendati hemat, tapi hasilnya mantap, performa beda jauh dibanding standarnya,” puas Dwi, sapaan Dwi Hadistian. Oh iya, dibilang hemat lantaran part berikut jasa hanya dipatok Rp 700 ribu. Wah apa saja tuh yang diubah oleh Abi (Sapaan Romi) ya?

Paling utama yang dioprek bagian pengatur buka-tutup klep, yaitu noken as. Bertujuam meningkatkan suplai bahan bakar dan udara ke ruang bakar. Efeknya power meningkat, nafas mesin pun lebih panjang.

Lift dinaikkan 1 mm dengan memapas bagian pantat kem, sekalian durasi dibikin lebih lama. Tepatnya in jadi 270º sedang ex hanya 250º. Setelan klep dipatok 0,08 dan 0,12 mm. Jangan khawatir klep bertabrakan, tetap aman lantaran posisinya menyilang, gap dengan piston juga jauh.

Karena hanya ubah kem, “Mesin tak perlu turun, hanya buka cover head,” terang pebengkel di Jl. H. Asnawi No. 71, Beji, Depok, Jabar. Nah biar lebih cepat, Abi lebih suka dengan cara tukar kem. Kem yang sudah diolah dipasang, sedang milik motor diambil sebagai gantinya. Dan dijamin barangnya orisinal. Pantas jika pengerjaan tak lama, hanya hitungan jam.
b3.jpg


Efek pemakaian kem baru, pembakaran jadi kurang optimal. Mengimbanginya spuyer mesti naik satu step. Pilot jet dari 15 jadi 17,5, sedang main jet dari 112,5 jadi 115. Lalu busa filter dilepas untuk melancarkan udara yang masuk, tapi boks tetap terpasang utuh. Negatifnya kotoran gampang masuk, mesti lebih rajin servis lo.

Kelar menaikkan tenaga di ruang bakar, pebengkel berumur 36 tahun ini memperbaiki bagian penyaluran tenaga. Pertama kampas kopling andalkan milik Yamaha Scorpio. Perbedaan terletak di kampas yang lebih lebar-lebar. “Jadi lebih menggigit,” ujarnya dengan mantap.

Biar enggak mubazir, per juga diganti dengan rancangannya. Batang per sedikit lebih besar, namun ulir lebih sedikit. Perbedaan utama saat terpasang daya dorong sedikit lebih kuat, sangat terasa di handel kopling yang lebih kenyal, sehingga penyaluran tenaga lebih maksimal.
b5.jpg


Sumber
 

surya.abidin

Selaput
Joined
19/7/12
Messages
389
Karma
0
From
Garut
Nimota CK 9, Kembaran Yamaha Byson di Malaysia

20120824-nimota-1.jpg


Kalau melihat penampilan motor yang satu ini, pasti sudah langsung menebak Yamaha Byson! Bentuknya memang mirip banget sport bike 150 cc andalan Yamaha di Indonesia. Tapi kalau yang ini kloningannya dari Malaysia. Mereknya Nimota dan ini adalah model terbarunya yang bernama CK 9.

Nimota sendiri sudah mulai beroperasi di Malaysia sejak 2008 silam. Pabrikan ini memiliki fasilitas perakitan di Pasir Gurdang, Johor Bharu dengan kapasitas produksi hingga 3.000 unit tiap bulannya. Model yang dipasarkan pun banyak dari trail, bebek yang menyerupai Honda CS-1 hingga model barunya ini Nimota CK 9.

20120824-nimota-3.jpg


Desainnya memang Yamaha Byson banget, dari bentuk bodi, tangki hingga batok lampunya sama persis. Satu-satunya pembeda pada desainnya adalah lampu belakang yang diletakan pada buntut bukan di sepatbor belakang. Kelengkapan fiturnya juga hampir sama, speedometernya punya bentuk dan tampilan digital yang sama.

Begitu juga dengan kaki-kakinya. Peleknya lebar dengan disk brake di depan dan rem teromol di belakang. Ban belakang pakai ban ukurna 140/60-17, sedang suspensi depannya tetap memiliki batang as besar dan dikawal sok belakang monoshock.

20120824-nimota-2.jpg



Tapi ketika melihat mesinnya baru terlihat aneh. Tampilan luarnya malah mirip mesin Honda GL series yang dipakai pada Honda Mega Pro lama atau Honda Tiger 2000. Sangat berbeda dengan tampilan luar mesin Yamaha Byson. Mesin ini tetap berteknologi SOHC 4 tak.

Waduh, kok sama persis ya? http://motorplus.otomotifnet.com/re...Nimota-CK-9-Kembaran-Yamaha-Byson-di-Malaysia

Waahhh,, si Kebo udah ada kembarannya tuh..
shooting-soldier-baby-emoticon.gif
 

surya.abidin

Selaput
Joined
19/7/12
Messages
389
Karma
0
From
Garut
Test Knalpot Yamaha Byson, Katalis VS Non-Katalis

20120525_testbyson_1.jpg


Ingin pakai knalpot racing, tapi bentuknya tak ubahnya saluran buang standar bawaan motor? Solusinya, bisa pilih knalpot keluaran teranyar AHRS untuk Yamaha Byson ini.

Bedanya, knalpot standar pabrik masih mengaplikasi katalis converter. Tujuannya buat menyaring emisi gas buang agar lebih rendah. Tapi efeknya, power drop karena tertahan! Sedangkan knalpot AHRS, tidak. Tentunya, power dari engine bisa keluar mantap.

Apalagi bentuk knalpot racing yang menyerupai bentuk standar, sekarang memang sedang booming. Seperti knalpot racing bentuk standar buat motor matik. Khususnya Yamaha Mio dan BeAT yang juga dibikin AHRS.

Menggunakan knalpot racing dengan bentuk standar selain menaikan power juga tidak mengubah bentuk dari knalpot. Tapi buat kali ini, kita bicara soal knalpot Byson saja ya. Tidak yang lain!

Knalpot Silent High Power (SHP) AHRS yang dibanderol Rp 520 ribu ini, juga tampil fashionable. “Selain itu memiliki tingkat kebisingan atau dB yang rendah,” jelas Toto, sales counter yang biasa ngendon di gerai AHRS di Jl. Tole Iskandar No. 162, Depok.

Biar lebih terlihat perbandingannya, langsung aja dilakukan pengukuran. Sebagai bahan pengetesan, meminjam Yamaha Byson milik Mochamad Latif yang tergabung di klub BYONIC (Byson Yamaha Owner Indonesia Club).

Kebetulan, Byson lansiran 2011 ini juga baru melakukan servis ringan. Juga, aplikasi main-jet ukuran 115 dan pilot-jet 17,5.

Uji coba dilakukan di atas mesin Dynojet tipe 250i milik bengkel Aerospeed di Jl. Haji Nawi, No. 74, Jakarta Selatan. Sebagai patokan, diukur lebih dulu knalpot standar Byson. Melalui beberapa kali running, didapat hasil terbaik. Yaitu, power bermain di 11,69 dk dan torsi 9,20 ft.lbs.

20120525_testbyson_2.jpg


Data awal sudah didapat. Kini, giliran tes selanjutnya pakai knalpot AHRS. Byson kembali dilarikan di atas mesin dyno. Lewat running yang dilakukan, power maksimal melonjak meninggalkan power standar. Kini, tenaga puncak menyentuh angka 12,41 dk dengan torsi 9,66 ft.lbs.

Itu artinya, terjadi kenaikan power sebesar 0,72 dk. Sedang untuk torsi maksimal, 0,46 ft.lbs. Lewat penggantian knalpot, power besar itu juga bisa didapat di rpm lebih awal. Mulai 5.700 rpm, grafik merah melonjak naik meninggalkan grafik biru yang mewakili grafik knalpot standar.

Tapi, power dan torsi yang di dongkrak naik ini sebenarnya masih bisa berkembang tuh. Terlihat dari grafik AFR kalau komposisi perbandingan udara dan bahan bakar belum tepat. So, butuh penyesuaian ulang di main-jet atau pilot-jet.

Bisa dilihat di grafik AFR berwarna merah. Di gasingan 7.500 rpm, grafik ini melonjak naik meninggalkan grafik AFR standar. Artinya pasokan bahan bakar yang menuju ruang bakar tergolong miskin. Alias, lebih banyak udara ketimbang bahan bakar.

Pilot-jet dan main-jet tidak memberikan pasokan kebutuhan yang diminta engine. Bisa saja lewat peningkatan pilot-jet atau main-jet dengan hitungan 1 step di atasnya, power bisa lebih sempurna dimuntahkan Byson standar ini. Edisi depan, kita bahas lebih lanjut soal permainan naik-turunkan main-jet dan pilot-jet ya!

Oh ya... Knalpot racing keluaran AHRS ini dijual dalam bentuk telanjang, maksudnya enggak dijual berikut cover knalpot. Jadi, jadi biar terlihat rapi, tinggal pasang cover knalpot lama bawaan knalpot standar motor ya. Prosesnya tidak mengubah dudukan kok alias tinggal pasang.

Dijamin lebih garang.

http://motorplus.otomotifnet.com/re...t-Knalpot-Yamaha-Byson-Katalis-VS-Non-Katalis
 

ò_ó

Graduate
Joined
16/7/12
Messages
2.020
Karma
0
cewe naikin byson sangar jga ye.. :oops:


dsc_0031.jpg%3Fw%3D460

byson-girl-otomercon.jpg%3Fw%3D600

DSC_2668-copy.jpg
 

ò_ó

Graduate
Joined
16/7/12
Messages
2.020
Karma
0
surya.abidin said:
Ane pasti langsung jatuh cinta Mas Bero!! :D

kalo ane mah mending gantian dinaekin.. :oops:
 

ò_ó

Graduate
Joined
16/7/12
Messages
2.020
Karma
0
surya.abidin said:
Hati2 dengan ucapanmu Anak Muda!! Yg mana yg mau dinaekin'y Mas Bero?? Harus jelas tuh.. Hahaha.. :D

motornya lah bero, masa mau naekin yg laen.. :oops:
 

ò_ó

Graduate
Joined
16/7/12
Messages
2.020
Karma
0
surya.abidin said:
udah segitu tebel'y Mas Bero jok'y,,
spit-soldier-baby-emoticon.gif

joknya bukan yg warna item lho, ntu yg warna.. :oops:

Q-Mimaki said:
ane gak punya motornya gan.. :roll:

nyok bocengan sma ane aj bero..
images
 

surya.abidin

Selaput
Joined
19/7/12
Messages
389
Karma
0
From
Garut
ò_ó said:
surya.abidin said:
udah segitu tebel'y Mas Bero jok'y,,
spit-soldier-baby-emoticon.gif

joknya bukan yg warna item lho, ntu yg warna.. :oops:

Q-Mimaki said:
ane gak punya motornya gan.. :roll:

nyok bocengan sma ane aj bero..
images

nah itu juga maksud ane Mas Bero,, yg warnanya.. :oops: buat ane mah udh top markotop!
crazy-monkey-emoticon-003.gif

Kalo Bero Cienan msh exist pasti udh d gripi gripi tuh!! hahaha... :lol:

Bero m-qimaki, salam kenal Mas Bero.. Wolcome to Selapa..
 

surya.abidin

Selaput
Joined
19/7/12
Messages
389
Karma
0
From
Garut
Update Refreshment Yamaha Byson Facelift Berkisar Di Penampakan Fisik


yamahabyson_baru.jpg


Bro sekalian, akhirnya sebuah gambar repro dari versi cetak tabloid otomotif yang dikirim bro Zacky via twitter dan postingan bro Budi Muhammad Zaki di wall Facebook memperjelas bagaimana bentuk Refreshment dari slah satu varian Sport Mid-end Yamaha yakni yamaha Byson. Terlihat memang selain striping dan detail perbedaan warna seperti pada sasis dan batok headlamp tidak terlihat perbedaan signifikan dari Yamaha Byson ini. Dan seperti biasa, ganti striping mah nggak perlu tpt tpt an kayaknya

newbyson2012.jpg


Sebenarnya hal ini pun dapat dianalisa ketika blogsphere ngeh bahwa Kode untuk Yamaha Byson sedikit berubah di website daftar part motor motor Yamaha dari 45P2 menjadi 45P3 dan setelah sedikit diteliti hampir semua part sangat mirip manandakan perubahan pada byson facelift hanya bersifat minor change saja

sport-jan-jun-12-ms-atpm.jpg


yamahabyson_baru2.jpg


pangsa motor sport yamaha seperti yang telah di paparkan oleh pak edo dalam sebuah artikelnya pada semester pertama 2012 dapat menguasai sekitar 59% dari total market motor sport nasional dan Yamaha Byson sendiri menguasai sekitar 16,12 dan terus memberikan tekanan pada Kompetitornya yakni Honda New Megapro yang sedikit leading sekitar 16,9 %. Terlihat preesure NMP yang awalnya dibidikkan ke Yamaha V-Ixion sudah mulai mengendor dan semakin hari makin keliatan siapa kompetitor sebenarnya dari NMP yakni Yamaha Byson . . . So silahkan dikomentari dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

http://tmcblog.com/2012/09/07/update-refreshment-yamaha-byson-facelift-berkisar-di-penampakan-fisik/
 

yreew

Selaput
Joined
2/9/12
Messages
197
Karma
0
saya lebih suka yamaha sapi, karena lebih indonesia
blacko-emoticon-06.gif
 

surya.abidin

Selaput
Joined
19/7/12
Messages
389
Karma
0
From
Garut
yreew said:
saya lebih suka yamaha sapi, karena lebih indonesia
blacko-emoticon-06.gif

tapi g keren tuh Bero,, lagian kalo nyari yg paling endonesia nama'y masa Yamaha Orang Utan?? ato Yamaha Badak Bercula Satu??
yellow-hair-girl-emoticon-11.gif
 

yreew

Selaput
Joined
2/9/12
Messages
197
Karma
0
surya.abidin said:
yreew said:
saya lebih suka yamaha sapi, karena lebih indonesia
blacko-emoticon-06.gif

tapi g keren tuh Bero,, lagian kalo nyari yg paling endonesia nama'y masa Yamaha Orang Utan?? ato Yamaha Badak Bercula Satu??
yellow-hair-girl-emoticon-11.gif
kalo orang utan atau badak kan gk mirip bro, kalo sapi kan masih gk jauh beda :oops:
 

New Threads

Top